Senin, 26 April 2010

resume perkuliahan

Resume pertemuan ke 5
Menganalisis anggaran tenaga pendidik dan kependidikan (TPK)
Didalam Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (TP + TK) terdapat:
a) Kepala Sekolah (KS)
b) Laboratorium
c) Perpustakaan dan lain-lain

1. Perencanaan SDM sekolah
2. Rekruitmen
3. Seleksi
4. Orientasi
5. Penempatan
6. Pengembangan
7. Penilaian kinerja
8. Kompensasi

1. Rombongan belajar ideal
2. Rombongan belajar jadwal tahun ke 1, ke 2, ke 3 dan seterusnya.
3. Jumlah mata pelajaran
Rombongan belajar x 2 jam perminggu
24

4. Kualifikasi guru
o S1, S2, S3 (sekolah formal)
o Basic, Intermediate, advance, Master (sekolah non formal)
5. Status kepegawaian
o Guru tetap (digaji lengkap)
o Out sourching (guru yang mendapatkan bayaran ketika guru tersebut mengajar)
Dalam sekolah formal terdapat 3 guru yaitu :
1. Guru kelas
2. Guru mata pelajaran (berdasarkan jumlah mata pelajaran)
3. Guru BK (harus mengetahui jumlah keperluannya terlebih dahulu)
Realisasi tergantung dan disesuaikan pada sekolah. Contoh: SD 6 realisasi, SMP 3 realisasi dan lain-lain.
Dalam anggaran terdapat :
1. Gaji pokok (harus ditentukan terlebih dahulu melihat jenjang pendidikanny (SMA, DI/DII, D3/D4, S2).
2. Tunjangan
o Fungsional (dilihat tiap jam pelajaran)
o Structural
3. Tunjangan lain (makan, transport, THR, kelahiran, dana kematian, kelahiran dan lain-lain)
Resume pertemuan ke 6
Memahami pengelolaan aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud
Untuk sarana
1. membuat gedung atau bangunan baru
2. membeli
3. menyewa
Dalam semua ini harus dilihat luas lahan sampai dengan rasio lahan/orang dan harus diketahui juga luas bangunan yang diperlukan sampai dengan rasio bangunan atau orang.
Apabila bangunan yang memiliki:
o 1lantai maka rasio/lahannya sekitar 12,7m dan rasio/bangunannya sekitar 3,8m
o 2lantai maka rasio/lahannya sekitar 7,0m dan rasio/bangunannya sekitar 4,2m
o 3lantai maka rasio/lahannya sekitar 4,9m dan rasio/bangunannya sekitar 4,4m
Contoh: bangunan yang memiliki 2lantai rasio/lahannya yaitu 500x7,0=3500m dan rasio/bangunannya adalah 500x4,2=2100
Semakin tinggi bangunan yang akan dibuat maka bangunan yang paling atas lebih tinggi karena terdapat atap yang berfungsi untuk melindung.
Dalam membuat gedung baru memerlukan tanah dan jaringan dan dalam jaringan tersebut terdapat listrik (berapa meter kabel yang diperlukan), air (berapa meter pipa yang diperlukan untuk saluran air tersebut), jalan, dan lain-lain.
Resume Pertemuan ke 7
Dalam pembuatan sekolah terdapat:
o Tanah
o Gedung
o Peralatan (equipment)

o Tanah
Pada dasarnya tanah sangatlah diperlukan dalam membangun gedung baru.
o Gedung
Dalam sekolah gedung-gedung dapat diperoleh dengan cara sewa, membuat gedung baru, membeli gedung yang sudah ada/sudah jadi. Namun apabila gedung sewaan yang digunakan maka tidak menghitung penyusutan. Sedangkan gedung yang dibuat dan dibeli maka akan mengalami penyusutan yang dialami yaitu nilai bukan fisik, depresiasi.
Dalam melakukan penyusutan terdapat rumus, rumus tersebut adalah:
1. Straight line method (setiap tahun nilai/besarnya penyusutan tetap)


Keterangan : HP : harga perolehan
NR : nilai residu (penyusutan setiap tahun)
UE : umur ekonomis

Senin, 05 April 2010

RESUME PERTEMUAN KE 4

Pertemuan ke 4
Tanggal 01 april 2010
Anggaran operasional
Dalam Anggaran operasional terdapat :
1. Kurikulum
2. Pembelajaran
3. Penilaian

1. Kurikulum
A. Rasional
B. Kurikulum sekolah
1) Tujuan kurikulum
2) Struktur kurikulum
3) Strategi dan metode pembelajaran
4) Deskripsi mata pelajaran
a. Nama mata pelajaran
b. Tujuan mata pelajaran
5) Beban belajar
6) Judul pelajaran
C. Program unggulan
1) Rasional
2) Nama program
D. Ekstra kurikuler
1) Rasional
2) Tujuan
3) Nama program


Dalam kurikulum terdapat:
Perencanaan kurikulum
Pelaksanaan
Monitoring
Evaluasi

 Supervisi adalah suatu upaya untuk menjamin suatu kegiatan dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
 Pembelajaran harus ditentukan oleh beberapa rombongan belajar. Komponen-komponen dalam pembelajaran seperti spidol, kertas, konsumsi guru, modul dan lain-lain.
 Monitoring
o Berapa kali supervisi dilakukan?
o Siapa saja yang melakukan supervisi?
o Perangkat/pembuatan laporan/instrument-instrumen dokumen
 Penilaian
Penilaian yang dilakukan oleh guru disekolah melalui mied test, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, dan lain-lain.
o Berapa kali dilakukan ujian dalam 1 tahun?
o Dalam pembuatan soal melibtakan berapa oranng? Berapa hari?
o Dalam penggandaan soal harus mengetahui berapa banyak siswa dalam kelas tersebut? Memerlukan beberapa kertas?
o Dalam pelaksanaan test ada honor pengawas, konsumsinya, transport dan lain-lain.
o Melakukan scoring
o Pembuatan laporan