Selasa, 16 Maret 2010

resume perkuliahan ke-3

MEMAHAMI DASAR-DASAR STUDY KELAYAKAN BISNIS
1. Study kelayakan/fesibility study. Terdapat 2 proses dalam melakukan study kelayakan. Proses tersebut berkaitan dengan proses membangun usaha diantaranya yaitu:
• Proses pertama melakukan pengamatan setelah melakukan pengamatan maka melakukan proses kedua.
• Proses kedua melakukan analisis yang dilakukan secara komprehensif. Komprehensif disini bersifat:
o Manajerial yang berfungsi POAC (planning organizing actuating countrolling), contoh dalam sekolah terdapat elemen-elemen seperti: kurikulum, kesiswaan, TP-TK, SPP, pembiayaan, marketing.
o Eksternal. Dalam eksternal ini terdapat peluang, ancaman hal ini salah satu persaingan yang terjadi dalam bidang eksternal.
2. Riset menggunakan metode ilmiah yang membicarakan tentang:
• Valititas yang berisikan tentang data-data.
• Metodologi yang berisikan cara. Dalam melakukan metode ilmiah
KOMPONEN-KOMPONEN DALAM BISNIS
Dalam komponen-komponen bisnis terdapat P1, P2, P3, dan P4.
1 P1 adalah pasar. Dalam pasar disini terdapat :
 Demand vs supply (ketika demand lebih tinggi dari pada supply maka terdapat peluang dan sebaliknya)
 Daya beli
 Marketing mix terdapat:
o Product terdapat massiv, eksklusif, supplemen utama
o Price atau harga terdapat unit cost, BEP (break event point), strategi harga, strategi pasar (pesaing utama, ekpetasi, S.T.P)
o Place atau tempat terdapat harga, aksesbilitas
o Promotion terdapat iklan dan personal sale. Dalam iklan terdapat media cetak, media elektronik, dan media lain-lain.
o Public relation sangat dibutuhkan untuk pencitraan suatu perusahaan.
o Power atau kekuasaan
2 P2 adalah perusahaan/company
 Capitalisasi
Kemampuan atau cara bagaimana memperoleh modal diantaranya melalui:
o Owner
o Kredit
o Pasar saham
o Investasi lain-lain
 SDM dapat melalui kualitas dan kuantitas
o Visi bisnis
o organisasi
3 P3 adalah pesaing. Pesaing dalam hal ini memerlukan:
o Markeing research menggunakan metode ilmiah dan secara valid
o Marketing intelegence menggunakan spionare dan kreatif
4 P4 adalah perubahan. Dalam hal ini P1, P2, P3, dipengaruhi oleh P4. Dalam P4 terdapat:
o Timing adalah ketepatan
o Bersifat terbuka (melihat perubahan itu ada atau tidak)
STUDY KELAYAKAN
1) Planning yang membicarakan tentang:
o Visi, misi, target, jangka panjang dan jangka pendek
o SWOT, Analisis Lingkungan Internal (ALI) dan Analisis Lingkungan Eksternal (ALE)
o Pembagian tugas (siapa yang melakukan?, melakukan apa?)
o Time schedule melalui parallel (saling berhubungan/gabungan) dan melalui serial (bukan gabungan)
2) Fore casting atau peralatan. Sebuah data yang dibutuhkan harus dikerjakan secara valid (komprehensif, tidak cateri paribus bahwa yang lain tidak berubah, skala prioritas)
3) Information melalui 5W+1H yaitu what, why, when, where, who, dan how. Hal ini penting untuk:
o Investor terdapat dua pertimbangan yaitu pertimbangan profit dan pertimbangan social yang diperhatikan dalam CSR (corporate social responsibility)
o Kreditor
o Manajemen bisa mengambil keputusan (devition making) melalui time dan pengadaan yang berupa SDM (kompensasi), sarana (pengelolaan), biaya (bunga)
o Pemerintah dan masyarakat
o Tujuan pembangunan ekonomi
KARAKTERISTIK BARANG DAN JASA
a) Goods (barang) yang bersifat:
o Transible
o Mudah distandarisasi
o Dibuat terlebih dahulu lalu baru dijual
o Bisa disimpan atau dikembalikanjika tidak sesuai atau rusak
b) Services (jasa) yang bersifat:
o Intansible
o Performance (sulit distandarisasi)
o Jual terlebih dahulu baru dibuat
o Tidak bisa dikembalikan

TAHAPAN MEMBUAT STUDY KELAYAKAN
1) Penemuan ide
2) Penelitian
3) Evaluasi
4) Membuat study kelayakan
5) Master plan dan time schedule

Tidak ada komentar:

Posting Komentar